VISI

    Visi Program Studi Seni Musik merupakan turunan Visi dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Visi dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Visi Unesa adalah “Unggul dalam Kependidikan, Kukuh dalam Keilmuan” (Excelent in education, Strong in Science”), sedangkan Visi dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) adalah “Unggul dalam Kependidikan Bahasa dan Seni, Kukuh dalam keilmuan Bahasa dan Seni”. Sejalan dengan visi Unesa dan FBS tersebut di atas, maka visi Program Studi Seni Musik adalah “Unggul dalam Bidang Musik, Kukuh dalam Keilmuan Musik".

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang musik yang bermanfaat, bermutu, dan bernilai inovasi.
  2. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang  keilmuan musik.
  3. Menerapkan hasil penelitian dan mengembangkan bidang keilmuan musik baik untuk lembaga maupun masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga formal maupun non formal baik dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas mutu prodi dan mahasiswa.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan sarjana seni yang berkompeten secara profesional serta tanggap terhadap perubahan ipteks, dengan rentang waktu maksimum 8 semester.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian baik ditingkat lembaga, kerja sama, maupun DP2M, minimal 7 judul untuk tingkat lembaga dan 4 judul untuk tingkat DP2M.
  3. Terbentuknya pusat pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat berbasis multi-kultural untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul, mandiri, dan berwawasan siap kerja, atau mampu membuat peluang kerja di bidang musik serta memiliki kemampuan :

    a.      Mencipta dan mengekspresikan beragam gagasan ke dalam bentuk karya seni

    b.      Mengkaji dan menganalisa beragam fenomena musik dan budaya

    c.      Menyajikan karya musik secara kreatif, inovatif, dan profesional

    d.      Mengelola kegiatan seni dan budaya yang berkaitan dengan musik.

  4. Pemberian kompetensi tambahan untuk mewujudkan sarjana plus seperti: Manajemen Produksi, Pengelolaan studio rekaman, Pengelolaan lembaga kursus, dan lain-lain. 

SASARAN

      Program Studi Seni Musik merupakan salah satu program studi yang bernaung dalam Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Unesa yang memiliki sasaran utama untuk mewujudkan tenaga professional di bidang musik serta dapat menjadi tenaga ahli dalam bidang musik seperti Manajemen Produksi, Pengelolaan studio rekaman, Pengelolaan lembaga kursus, dan lain-lain. Adapun sasaran input dari program studi Musik adalah lulusan SMA/MA/SMK yang memiliki minat, kemampuan dan ketrampilan dalam bidang seni khususnya musik.

       Strategi pencapaian sasaran program studi yang dilakukan oleh program studi Seni Musik adalah: 1) Sosialisasi visi dan misi program studi ke sekolah-sekolah dan institusi-institusi terkait; 2) Melakukan promosi eksistensi program studi kepada masyarakat melalui media cetak (brosur, pamflet, pster, dsb), maupun media elektronik (Televisi, radio, internet, dan sebagainya)) dalam berbagai bentuk; 3) Melaksanakan perkuliahan sesuai dengan jadwal dan menerapkan perangkat IT; 4) Pemutakhiran kurikulum secara berkala terus menerus agar kurikulum yang digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja.